Kekurangan dan kelebihan media pembelajaran

Kekurangan dan kelebihan media pembelajaran matematika

1. Media visual yang tidak diproyeksikan

Kelebihan media visual yang tidak diproyeksikan :

a. Dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa tidak akan cepat bosan dengan pelajaran tersebut.

b. Dapat mempermudah siswa untuk menangkap materi yang diberikan karena biasanya guru memakai gambar-gambar yang berhubungan dengan pelajaran sehingga siswa tidak akan cepat lupa dengan pelajaran yang disampaikan oleh guru.

c. Macam-macam media visual yang tidak diproyeksikan ini bervariasi sehingga memudahkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.

d. Lebih menghemat waktu guru untuk menjelaskan karena gambar, grafik atau diagram yang akan digunakan sebagai media pembelajaran telah tersedia sehingga guru tidak perlu menggambarkan di papan tulis.

e. Alat-alat yang digunakan untuk membuat media ini mudah didapat, biasanya hanya menggunakan karton.

Kekurangan media visual yang tidak diproyeksikan :

a. Karena media ini kebanyakan hanya menggunakan karton, maka siswa hanya akan fokus kepada gambar yang terdapat pada karton tersebut , dengan kata lain tidak adanya audio yang dapat membuat ruangan kelas menjadi lebih hidup.

b. gambar yang terdapat pada karton biasanya dibuat dengan ukuran yang kecil sehingga siswa yang duduk di belakang tidak bisa melihat dengan jelas gambar tersebut.

2. Media visual yang diproyeksikan

Kelebihan media visual yang diproyeksikan :

a. Dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar karena biasanya media visual yang diproyeksikan ini menggunakan poster ataupun komik sebagai media nya.

b. terdapat gambar-gambar yang memiliki pesan-pesan tertentu kepada siswa untuk belajar.

c. Ketika seorang guru menggunakan komik sebagai media pembelajaran maka seolah-seolah siswa dihadapkan pada sesuatu yang nyata sehingga siswa akan mengingat pelajaran tersebut lebih lama daripada hanya dijelaskan di papan tulis.

Kekurangan media visual yang diproyeksikan :

a. Tidak semua siswa dapat belajar dengan menggunakan media visual ( melihat ) karena setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda,  seperti ada siswa yang lebih senang belajar dengan cara dijelaskan oleh guru atau ada juga siswa yang lebih senang belajar dengan bermain dan lain-lain.

b. Komik atau poster juga dapat membuat siswa menjadi malas dalam belajar karena mereka cenderung hanya ingin melihat gambar-gambar yang ada di dalam komik atau poster tersebut sehingga siswa tidak dapat memahami materi secara menyeluruh.

c. Siswa juga dapat menjadi malas menulis / mencatat hal-hal yang dijelaskan oleh guru karena dari awal pelajaran perhatian mereka sudah tertuju pada gambar yang ada.

3. Media audio

Kelebihan media audio :

a. dapat membuat siswa fokus mendengarkan suara rekaman yang tersedia sehingga siswa tidak akan sibuk melakukan hal-hal yang lain seperti mengobrol dengan temannya dll.

b. Penggunanan media audio lebih praktis karena mudah dipindahkan dari satu suara ke suara lainnya .

c. Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat rekaman dapat diulang atau diputar kembali.

d. Dengan menggunakan media ini maka rekaman-rekaman suara yang ada dapat digandakan sehingga antara kelas yang satu dengan kelas lainnya dapat belajar dalam kelas yang berbeda dan dalam waktu yang bersamaan.

e. Dalam pengoperasian rekaman suara relatif sangat mudah

Kekurangan  media audio :

a. Kemampuan siswa dalam mendengarkan kecepatan suara rekaman biasanya tidak sama antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya , misalnya ada siswa yang cepat menangkap materi dari suara rekaman itu dan ada pula siswa yang lemah dalam menangkap materi .

b. Kecepatan suara rekaman biasanya tidak sama dengan kecepatan guru menjelaskan sehingga antara guru dengan rekaman suara cenderung kejar-kejaran dan hal itu dapat membuat siswa bingung dengan apa yang harus diperhatikan antara penjelasan guru atau rekaman suara.

c. Suara rekaman biasanya tidak akan terdengar dengan jelas oleh siswa yang duduk dibelakang sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut digunakan pengeras suara ( speaker ).

4. Media visual dinamis

Kelebihan media visual dinamis :

a. Dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa tidak akan cepat bosan dengan pelajaran tersebut karena diselingi dengan praktik yang berhubungan dengan  media visual dinamis.

b. Macam-macam media visual dinamis ini bervariasi sehingga memudahkan guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.

c. Siswa akan lebih cepat mengerti dibandingkan dengan cara belajar yang dijelaskan langsung oleh guru pada papan tulis.

Kekurangan media visual dinamis :

a. Waktu yang diperlukan dalam menggunakan media ini cukup banyak.

b. Susah mencari materi yang akan disampaikan dengan menggunakan media ini.

5. Media cetak

Kelebihan media cetak :

a. Media cetak yang biasanya digunakan dalam pembelajaran adalah LKS atau buku, media ini dapat dibaca berkali-kali oleh siswa sehingga dapat merangsang gairah membaca siswa.

b. Media cetak biasanya memiliki soal-soal yang harus dijawab oleh siswa sehingga siswa dapat mengembangkan pemikirannya dalam menjawab soal.

c. Media cetak dapat menjelaskan hal-hal dengan lebih kompleks , misalnya dalam LKS atau buku terdapat pengertian tentang suatu masalah yang sedang dibahas , penjelasan , contoh soal dan soal-soal yang masih berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya.

d. Harga media cetak seperti LKS lebih terjangkau oleh siswa .

Kekurangan  media audio :

a. Media cetak hanya dapat berupa tulisan sehingga kurang menarik bagi siswa. Kebanyakan siswa lebih menyukai media pembelajaran yang banyak menggunakan gambar-gambar.

b. Pembelajaran dengan menggunakan media cetak cenderung monoton, karena hanya terpaku pada buku-buku yang ada.

6. Media permainan

Kelebihan media permainan :

a. Dapat menumbuhkan daya tarik siswa terhadap pelajaran karena kebanyakan siswa lebih menyukai pelajaran yang diselingi dengan permainan.

b. Pelajaran dengan menggunakan media permainan biasanya akan membuat siswa lebih cepat mengerti dan membuat siswa tidak akan cepat lupa dengan pelajaran tersebut.

c. Media permainan lebih mengikutsertakan siswa dalam pelajaran dan permainan sehingga siswa lebih aktif dalam kelas, jadi siswa tidak hanya duduk manis di dalam kelas ketika guru menjelaskan.

d. Pelajaran dengan menggunakan media permainan juga akan membuat siswa lebih dekat dengan gurunya, siswa tidak akan merasa takut lagi untuk bertanya dengan guru.

Kekurangan media permainan :

a. Dengan menggunakan media permainan , dikhawatirkan siswa akan lebih senang dengan bermain nya sehingga siswa tidak dapat menangkap pelajaran yang ingin disampaikan oleh guru.

b. Dalam media permainan ini , ditakutkan akan terdapat kecemburuan sosial antarsiswa karena tidak mungkin semua siswa diikutsertakan satu per satu dalam permainan karena mengingat waktu yang tidak memungkinkan.

7. Media interaktif

Kelebihan media interaktif :

a. Dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar karena media ini sangat menarik, seperti dengan menggunakan powerpoint.

b. Dengan menggunakan media ini akan terlihat jelas ketergantungan dari setiap anggota kelompok karena media ini membutuhkan orang-orang yang mengerti di bidang nya , misalnya ada yang mengerti tentang penggunaan powerpoint dll.

c. Dapat membangun motivasi siswa dalam belajar .

Kekurangan media interaktif :

a. Media interaktif ini memerlukan perencanaan yang matang dalam pelaksaannya karena untuk membuat dan mempelajari powerpoint dibutuhkan waktu yang tidak sedikit.

b. Tidak semua orang bisa menggunakan komputer dan tidak semua orang bisa membuat powerpoint.

c. Kalau design yang dibuat dalam powerpoint buruk maka siswa akan merasa bosan dalam memperhatikan penjelasan dari guru sehingga materi pelajaran tidak akan tersampaikan dengan baik.

d. Media interaktif yang menggunakan audio akan membuat siswa bingung karena antara suara dengan slide sama-sama penting untuk diperhatikan .

Leave a comment